Sabtu, 28 November 2020

Berpihak Pada Murid

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Rekan-rekan pembaca yang budiman, kali ini saya akan uraikan secara singkat tentang penerapan salah satu nilai dan peran guru penggerak.Nilai dan peran guru penggerak itu sendiri terdiri dari lima yaitu : mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Satu nilai yang akan saya bahas yaitu tentang nilai dan peran guru yang berpihak pada murid.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa guru mempunyai peranan sangat besar dalam mewujudkan visi murid merdeka, yaitu murid yang mencerminkan profil pelajar Pancasila. Karena itulah guru harus memiliki keyakinan-keyakinan positif, kepribadian yang matang, dan terus menerus belajar, berinovasi, dan mengembangkan kreatifitasnya sehingga dapat menuntun dan membimbing murid-murid secara efektif dan efisien guna mewujudkan visi murid merdeka, profil pelajar Pancasila.

Situasi pandemi Covid-19 yang masih belum teratasi di negara kita, memiliki sisi negatif dan sisi positif terhadap berbagai sektor kehidupan. Sektor pendidikan merupan salah satu yang sangat nyata merasakan dampak pendemi Covid-19. Namun dengan senantiasa berpikir positif maka proses pendidikan tetap bisa berlangsung, meskipun pasti ada titik-titik kekuranganya. Namun demikian itu lebih baik dari pada proses pendidikan berhenti total dan anak-anak mengalami lost educatioan.

Terkait dengan situasi pandemi tersebut, maka implementasi salah satu nilai dan peran guru penggerak yang berpihak pada murid, saya lakukan secara daring melalui aplikasi Edmodo untuk Kelas VIII A, B, C (kelas yang saya ampu). Untuk lebih jelasnya maka berikut ini akan saya uraikan tahapan kegiatannya menggunakan beberapa gambar hasil dari printscreen dan unduhan image dari aplikasi edmodo. 

1. Tahap Pertama

    Pada tahap ini berisi antarlain tetang informasi kegiatan sekolah, motivasi, dan petunjuk-petunjuka kegiatan yang akan dipilih dan dilakukan oleh murid-murid baik secara individu maupun kelompok.


2. Tahap Kedua

    Pada tahap ini siswa akan melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk-petunjuk pada tahap pertama. Salah satu contoh aktivitas murid dalam kelompok kerjanya di rumah sebagai berikut

 Kegiatan Berkaraya  

Beberapa contoh hasil karya lainnya antara lain :

3. Tahap Ketiga

    Pada tahap ini siswa akan melakukan presentasi dengan mengunggah karyanya di Edmodo baik karya visual maupun karya audio visual. Kemudian guru memberikan umpan balik.




Demikian semoga pembahasan kali ini bisa dipahami dan bermanfaat. Tentu masih ada kekurangan dari gambaran kegiatan di atas. Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan adalah bimbingan secara langsung baik secar daring maupun tatap muka perkelompok karena terbatasnya waktu, dimana kegiatan ini dilakukan pada akhir semester. Karena itu rencana perbaikan kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid seperti terurai singkat di atas akan dilakukan pada semester kedua baik dalam moda daring maupun luring.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Salam dan Bahagia

0 komentar:

Posting Komentar